Article Page

5 Tipe Big Personality, kamu Tipe Yang Mana Nih

Illustrasi


5 Tipe Big Personality, kamu Tipe Yang Mana Nih


Sinar Jernih Suksesindo - Pernakah kamu berfikir mengenai “sebenarnya kepribadianku ini seperti apa sih?” jangan-jangan pasa kamu ngaku-ngaku introvert atau ekstrovert malah kamu sama sekali nggak tau arti kedua hal tersebut apa. Eitss, biar gak bingung dan bertanya-tanya terus. Kali ini kita akan membahas perihal 5 tipe Big Personality dalam diri manusia yang terdiri dari openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, danneuroticism atau biasa disingkat dengan OCEAN. Nah, Menurut teori big five personality ini, setiap individu bias menjadi lebih kuat atau lemah dalam setiap dimensi kepribadiannya. Yuk kita bahas!

 

1. Openness to Experience (Terbuka terhadap hal - hal baru)

Dimensi Kepribadian Openness to Experience ini mengelompokan individu berdasarkan ketertarikannya terhadap hal-hal baru dan keinginan untuk mengetahui serta mempelajari sesuatu yang baru. Karakteristik positif pada Individu yang memiliki dimensi ini cenderung lebih kreatif, Imajinatif, Intelektual, penasaran dan berpikiran luas.

 

2. Conscientiousness (Sifat Berhati-hati)

Individu yang memiliki sifat ini cenderung lebih berhati-hati dalam melakukan suatu tindakan ataupun penuh pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan, mereka juga memiliki disiplin diri yang tinggi dan dapat dipercaya. Karakteristik Positif pada dimensi adalah dapat diandalkan, bertanggung jawab, tekun dan berorientasi pada pencapain.

 

3. Extraversion (Ekstraversi)

Dimensi Kepribadian Extraversion ini berkaitan dengan tingkat kenyamanan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain. Karakteristik Positif Individu Extraversion adalah senang bergaul, mudah bersosialisasi, hidup berkelompok dan tegas.

 

4. Agreeableness (Mudah Akur atau Mudah Bersepakat)

Individu yang berdimensi Agreableness ini cenderung lebih patuh dengan individu lainnya dan memiliki kepribadian yang ingin menghindari konfilk. Karakteristik Positif-nya adalah kooperatif (dapat bekerjasama), penuh kepercayaan, bersifat baik, hangat dan berhati lembut serta suka membantu.

 

5. Neuroticism (Neurotisme)

Neuroticism adalah dimensi kepribadian yang menilai kemampuan seseorang dalam menahan tekanan atau stress. Karakteristik Positif dari Neuroticism disebut dengan Stabilitas Emosional, Individu dengan Emosional yang stabil cenderang Tenang saat menghadapi masalah, percaya diri, memiliki pendirian yang teguh.

 

Gimana udah paham kan ya, Lantas kalian tipe yang mana nih? Oiya karena kamu membaca artikel ini pada website SJS. Jangan lupa untuk follow akun social media SJS di @sjs.suksesindo dan kamu juga bisa melamar kerja di aplikasi kerja+ loh yang bisa di download pada PlayStore smartphone-mu.


Tags:

Share This Post

Dipost Oleh adminsjs

tes